Cara cek kesuburan wanita

Langkah Mudah Memprediksi Masa Subur Istri

Menanti kehadiran sang buah hati menjadi saat yang paling dinanti oleh setiap pasangan suami-istri. Rasanya kebahagiaan di keluarga kecil akan semakin lengkap jika sang buah hati telah lahir di dunia. Ada cara cek kesuburan wanita.

Akhirnya banyak pasangan yang langsung membuat program kehamilan hingga berkonsultasi kepada dokter agar langsung memiliki buah hati.  Namun banyak juga pasangan yang tidak bisa langsung memiliki momongan. Ada yang perlu menunggu bertahun-tahun untuk memiliki momongan. 

Setelah dilakukan pemeriksaan, rupanya terjadi masalah kesehatan yang bisa disebabkan oleh sang ibu maupun sang ayah. Untuk masalah kesehatan sang ayah biasanya terjadi karena kondisi sperma yang tidak sehat atau ayah yang sering ejakulasi dini. Sedangkan untuk masalah yang kerap terjadi pada ibu, biasanya terdapat pada kondisi rahim yang lemah akibat banyaknya aktivitas, atau mungkin karena mas suburnya yang telah lewat.

Dengan begitu, Anda tentu harusnya bisa lebih memperhatikan mengenai masa subur yang terjadi, terlebih beberapa saat setelah haid berakhir. Lantas bagaimana cara mengetahui masa subur yang terjadi pada perempuan? Ini dia ulasan singkatnya untuk Anda. 

Selain melalui penandaan siklus haid dan penghitungan masa ovulasi, seseorang dapat dikatakan sedang dalam masa subur ketika mengalami ciri berikut. 

  • Ketika menggunakan alat pengukur masa kesuburan, maka hormon LH yang terkandung dalam urine akan semakin tinggi. Saat itu menjadi waktu yang paling baik untuk Anda dan suami berhubungan badan.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memprediksi mengenai masa subur berikutnya yang akan terjadi melalui beberapa langkah berikut.

  • Melalui pencatatan jadwal menstruasi. Jadwal menstruasi setiap orang tentunya berbeda-beda. Ada yang mengalami menstruasi setiap 21 hari sekali, namun ada pula yang mengalaminya 34 hari sekali. Catat waktu menstruasi dari awal hingga akhir. Dengan pencatatan ini, Anda akan mengetahui masa subur yang akan terjadi. Biasanya masa subur terjadi 14 hari sebelum menstruasi berikutnya (untuk siklus yang normal).
  • Dengan menggunakan monitor kesuburan. Hasil yang akan ditunjukkan oleh monitor kesuburan akan lebih akurat. Namun untuk mendapatkan hasil tersebut, tentu Anda harus melakukan pemeriksaan ke dokter. 

Itu dia beberapa langkah untuk mengetahui cara mengetahui masa subur dan cara cek kesuburan wanita. Jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan. Semoga informasinya bermanfaat.