Illustrasi buat billing untuk pajak online

Seberapa Penting Buat Billing Untuk Bayar Pajak

Untuk saat ini membayar pajak dan buat billing bisa anda lakukan di mana saja. Anda tidak perlu lagi harus mengantri dan pergi ke bank atau lembaga pajak. Anda bisa mengurus pajak dan pajak akan selesai dalam sekali duduk dengan menggunakan smartphone anda. 

Apalagi saat ini Direktorat Jenderal Pajak juga terus membuka saluran pembayaran pajak dengan tujuan untuk mempermudah wajib pajak dalam menjalankan perpajakannya. Hanya saja untuk melakukan transaksi pembayaran pajak, maka wajib pajak untuk buat billing dan memiliki kode billing yang mana ini menjadi salah satu kesatuan dari sistem pembayaran pajak.

Apa itu Kode Billing?

Kode Billing menurut Peraturan Direktorat Jenderal Pajak No.PER-11/PJ/2019 yang membahas mengenai pembayaran pajak secara elektronik, Kode Billing adalah kode identifikasi yang mana diterbitkan oleh sistem billing atas suatu jenis pembayaran atau jenis setoran untuk bisa melakukan wajib pajak. Untuk kode billing sendiri sebenarnya sudah ada sejak lama. Hanya saja, untuk bisa diakses secara online menggunakan sistem e billing bisa dilakukan sejak 2016.

Bayar Pajak Sebelum Buat Billing

Sebelum adanya keharusan buat billing secara elektronik, wajib pajak harus melakukan beberapa langkah untuk bisa lakukan proses penyetoran pajak. Diantaranya:

  • Wajib Pajak harus mengisi Surat Setoran Pajak atau SSP
  • Menyiapkan uang tunai untuk pembayaran pajak
  • Datang ke Kantor Pembayaran 
  • Melakukan Antre di Loket Pembayaran 
  • Mendapatkan Salinan Bukti Penerimaan Negara

Bayar Pajak Dengan Buat e-Billing

Setelah adanya keharusan untuk buat billing dengan istilah e-billing, pembayaran pajak bisa dilakukan dengan jauh lebih mudah. Wajib pajak hanya perlu untuk membuat kode billing untuk kemudian akan digunakan sebagai dasar pembayaran pajak. 

Lalu bagaimana cara buat billing dan seberapa penting buat billing ini?

Melihat dari peraturan perpajakan No. PER-11/PJ/2019 buat billing sendiri sebenarnya bisa dilakukan melalui beberapa cara diantaranya :

  • Melalui layanan produk aplikasi dengan website yang sudah terhubung dengan DJP yang merupakan kanal resmi dari perpajakan Indonesia
  • Melalui layanan mandiri dari Kantor Pos atau bank persepsi dengan asistensi dari petugas bank atau kantor pos
  • Melalui aplikasi whatsapp dan SMS ke KPP domisili anda sesuai dengan KTP

Dengan melalui tiga cara ini, anda bisa buat billing dengan mudah. Dan setelah mendapatkan kode billing maka wajib pajak tinggal menggunakan kode ini untuk melakukan pembayaran. Bayar pajak bahkan bisa dilakukan melalui layanan bank atau layanan dari lembaga persepsi yang sudah ditetapkan. Proses pembayaran pajak dengan menggunakan billing jauh lebih efisien waktu. Apalagi untuk anda yang memiliki kesibukan yang sangat padat dan harus ke kantor pembayaran pajak serta mengantre tentu saja akan menghabiskan banyak waktu. Dengan kode billing ini, semuanya menjadi lebih mudah dan lebih cepat, anda juga tidak akan pernah lagi telat membayar pajak karena semua prosesnya hanya dilakukan dengan smartphone anda saja.